Cara Membiasakan Bayi Mandi Air Dingin

Sebelumnya Sinta akan tekankan tentang judul diatas, yang Sinta maksud "Air Dingin" bukan air dingin seperti air es ya! tapi air biasa yang diambil dari sumur atau PDAM.

Para bunda pasti pernah mendengar anak tetangga atau saudara bunda sampai usia 2-3 tahun pun masih takut untuk mandi air dingin. Bahkan nih ya bunda ada anak yang hingga duduk di bangku SMA masih mandi air hangat, karena takut untuk mandi air dingin. Heran Bukan..!!

Nah...Tahu tidak mengapa itu bisa terjadi? sebab mulai sejak usia dini atau bahkan masih bayi mereka tidak dikenalkan dan tidak dibiasakan mandi air dingin, akibatnya hal itu terjadi.

Sinta kasih sedikit referensi ya... Bayi yang baru lahir biasanya dimandikan dengan air hangat, sebab air hangat dapat merangsang "motorik" bayi, air hangat juga memberikan rasa nyaman dan berfungsi melancarkan sirkulasi darah yang berpotensi meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Mendengar air dingin mungkin para Bunda tidak tega jika memandikan bayinya menggunakan air dingin. Tapi membiasakan mandi air dingin sangat baik bagi kesehatan juga membuat tubuh anak menjadi bersih dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Mandi air dingin juga akan meningkatkan metabolisme tubuh anak.

Khusus untuk bayi, baru boleh mandi air dingin sejak usia 2-4 bulan. Namun semua itu tergantung dari ketahanan tubuh si bayi, ada bayi yang biasanya dimandikan air dingin di atas usia 6 bulan.

Cara Membiasakan Bayi Mandi Air Dingin

Ini dia tips cara memandikan bayi dengan air dingin :

1. Sediakan bak mandi yang telah terisi air dingin.

2. Ceburkan perlahan dari bagian kaki, jika bayi menangis maka sedikit tambahkan air hangat.

3. Awali memandikan (menyiram dengan tangan) dari kepala kemudian sampai badan, tangan dan kaki.

4. Selanjutnya gunakan sabun dan shampo khusus bayi.

5. Setelah selesai segera bilas dengan handuk.

6. Jangan terlalu lama saat memandikan, cukup 3-5menit saja.

7. Biasakan bayi mandi air dingin tiap hari secara bertahap.

8. Setelah selesai gunakan minyak telon di tubuh bayi.

Nah... Bunda itulah tips cara membiasakan bayi mandi air dingin. Jadi bunda tidak perlu khawatir bayi bunda akan sakit setelah mandi air dingin. Sebab mandi air dingin sehat untuk bayi anda.

Semoga tips ini bermanfaat untuk para bunda yang ingin memandikan bayinya dengan air dingin..!!

Ketentuan berkomentar di Resep Sinta
- Berkomentar sesuai postingan
- Menjunjung tinggi sopan santun
- Tidak menyertakan link
EmoticonEmoticon