Mitos atau Fakta Buah Salak Dapat Menyebabkan Sembelit

SALAK siapa yang tidak mengenal buah salak. Buah Salak dalam bahasa inggris adalah snake fruit yang artinya buah bersisik. Maka Salak adalah Buah yang berwarna gelap, bersisik, namun meski buah yang satu ini sedikit kurang menarik dari tampilannya, buah salak sangat segar apalagi dimakan saat baru memetik dari pohonnya.

Kali ini Sinta akan membahas masalah mitos yang banyak beredar dikalangan masyarakat tentang buah salak yang konon katanya buah salak dapat menyebabkan sembelit. Kenapa Sinta mengangkat judul ini sebab, dulu setiap kali Saya sembelit dan memakan buah salak selalu dimarahi. Katanya jika memakan buah salak maka hasilnya akan semakin sembelit.

Ternyata setelah Saya berdiskusi bersama teman-teman fakultas Biologi dan salah satu teman Saya berkata bahwa buah salak tidak menyebabkan sembelit. Nah dari situ Saya mulai browsing dan bertanya kepada Dosen tentang Buah salak tersebut.

Mitos atau Fakta Buah Salak Dapat Menyebabkan Sembelit

Buah yang tidak terlalu besar dan kecil ini ternyata memiliki kandungan gizi yang luar biasa.
Kandungan gizi pada salak bagi kesehatan tentu dikarenakan kandungan gizinya yang berguna untuk memperbaiki kerusakan pada tubuh dan menangkal bibit penyakit dari luar. Beberapa kandungan nutrisi pada 100 gram salak antara lain adalah:
368 kalori
0,8 protein nabati
90,3 gram karbohidrat
0,4 gram lemak
38 mg kalsium
31 mg fosfor
3,9 mg zat besi
8,4 mg vitamin C

Jangan Anggap remeh manfaat buah salak ini. Salah satu manfaat buah salak selain dapat melancarkan BAB, Kandungan Potassium pada buah salak dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Nah....Setelah kita mengetahui kandungan yang terdapat pada buah salak dan manfaatnya. Sekarang saatnya Sinta membahas:

Buah Salak dapat mencegak sembelit.

Banyak dikalangan masyarakat yang tidak mengetahui hal ini. Biasanya orang-orang memakan buah salak kulit arinya dibuang. Mereka beranggapan jika kulit arinya juga dimakan itu kotor. Makan kulit ari pada salak dibuang saat akan dimakan.

Ternyata kulit ari yang melekat pada daging buah salak mengandung serat yang tinggi yang bisa melancarkan buang air besar dan menghilangkan sembelit. Banyak orang saat mengkonsumsi salak justru mengupas kulit tipis atau kulit ari yang ada pada daging buah, padahal justru di situlah kandungan serat terbanyak untuk mendapatkan khasiat buah salak yang maksimal. Selain sembelit, buah salak juga mampu mengatasi diare karena mengandung zat tannin.

Mitos atau Fakta Buah Salak Dapat Menyebabkan Sembelit
Kulit ari buah salak
Nah....sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengkonsumsi buah salak saat Anda sembelit. Anda juga jangan ragu lagi untuk menjadikan buah salak sebagai menu harian Anda. :-)

Ketentuan berkomentar di Resep Sinta
- Berkomentar sesuai postingan
- Menjunjung tinggi sopan santun
- Tidak menyertakan link
EmoticonEmoticon