Tips Cepat Anak Bisa Membaca di Usia Balita

Hai...Para Bunda dan Sahabat Sinta Semua. Berbicara tentang karakter seorang anak, kita sebagai orang tua harus bisa mengenal karakter anak kita, tidak hanya orang tua dirumah saja, orang tua disekolah juga perlu mengenal karakter anak didiknya.


Sebagai Orang tua yang cerdas kita tidak boleh mengandalkan aktivitas belajar disekolah saja untuk mendorong kemampuan seorang anak. Kita sebagai orang tua perlu memberi motivasi, serta membelajaran dirumah juga.

Balita memiliki daya ingat yang sangat tinggi, tapi terkadang di usia yang seperti ini orang tua kerap kali melewatkan waktu untuk mengajarkan membaca sebelum anak kita masuk sekolah di Taman Kanak-Kanak. Padahal di usia itulah kesempatan kita untuk mengajarkan anak kita agar cepat bisa membaca.

Oya bunda.....dari pengalaman pribadi saat Sinta mengajarkan anak usia 5 tahun dengan yang usia 9 tahun sama-sama belum bisa membaca, sungguh benar anak yang usia 5 tahun lebih cepat menghafal dan bisa membaca dari pada anak yang usia 9 tahun. Terpaksa Sinta mengajarkan mulai dari awal mengenalkan huruf abjad kepada anak yang usia 9 tahun, guna agar anak bisa lancar membaca.

Sinta kasian jika melihat anak yang sudah usia 9 tahun tapi masih belum bisa lancar membaca, bagaimana jika ujian disekolahnya, tentu anak tersebut akan ketinggalan, bukan hanya ketinggalan saat ujian saja, melainkan akan ketinggalan materi setiap harinya.

Sebelum hal ini terjadi pada anak kita, Sinta akan kasih tahu tips agar anak cepat bisa membaca di usia Balita.
  
Ada Beberapa Hal Yang Perlu Di Hindari Saat Mengajar Anak.
  • Jangan Sering Kali Memberi Tes, agar anak tidak menjadi jenuh.
  • Hindari terlalu memaksa saat belajar.
  • Saat Mengajar Bunda tidak boleh kaku.
  • Hindari mengajar dengan abjad yang rumit.
Cara Cepat Anak Bisa Membaca

1. Kenalkan hufur abjad secara berurutan terlebih dahulu.
2. Setelah menghafal semua huruf abjad kenalkan dengan 2-3 huruf sehingga membentuk kata.
 
3. Belajar sambil bernyanyi. Misal menghafalkan huruf abjad dengan lagu.
4. Jangan terlalu lama dalam belajar.
5. Berilah pujian kepada anak.
6. Pahamilah Mood anak.
7. Belajar membaca dengan menggunakan gambar.

 Semoga cara ini dapat membantu para bunda mengajarkan anak bunda sendiri dirumah ya..!!
Semoga Anak-anak kita cepat bisa membaca dan menjadi anak yang cerdas ya bun.. :) Amin...


7 komentar

jadi belajar itu tidak boleh di paksa-paksa ya mba.. kalaupun memang susah jangan ajak nya dengan car keras atau kasar, harus dengan lembut dan rayu dia untuk mau belajar :)

bener mas Fendi. Bisa dirayu dengan dkasih makanan atau kalau mau belajar hadiahnya jalan2 :)

Kalo menurut saya sih usahakan buat suasananya senyaman mungkin, kita juga harus bisa membaca perasaan anak...buat hubungan emosional antara sang ibu dengan si anak supaya si anak bisa nyaman dalam belajar :)

siipp.... ntu juga benar bget mas. karena kita sebagai ortu harus bisa mengenal karakter anak, yg nantinya kita dengan mudah membuat sebuah hubungan emosional yang baik, sehingga tercipta suasana belajar yang nyaman :)

Dari hasil pengamatan saya, poin nomor 3 dan 5 (Sambil bernyanyi dan memberi pujian) itu yang paling mujarab dipakai. Karena anak memang sejatinya suka dipuji dan bersenandung. Keren Tipsnya, mbak :)

izin share ya admin :)
buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
ayuk... daftar, main dan menangkan
Line : agen365
WA : +855 87781483 :)
Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)

Ketentuan berkomentar di Resep Sinta
- Berkomentar sesuai postingan
- Menjunjung tinggi sopan santun
- Tidak menyertakan link
EmoticonEmoticon