Jangan Sakiti Wanita, Muliakanlah dan Sayangi Wanita

Assalamu'alaikum, Sahabat Sinta sekalian sungguh sangat membuat hati seorang wanita lainnya menangis jika selalu mendengar wanita dihina, diperkosa, lalu dibunuh.

Padahal baik laki-laki maupun perempuan dilahirkan dari seorang ibu yang pada dasarnya juga wanita. Apakah mereka tak menyadari selama 9 bulan mengandung, sakitnya melahirkan, tidak pandang siang dan malam menemani seorang anak baik laki-laki dan wanita.

Saya sangat benci dan sedih sekali saat mendengar tayangan di TV tentang kabar pelecehan seksual terhadap wanita, tak pandang usia dibawah umur sekalipun mereka seenaknya layaknya seperti hewan.


Bukankah sudah jelas bahwa wanita itu berhak dilindungi, disayangi, dan di muliakan. Dalam Alqur'an surat An-Nisa' adalah satu bukti bahwa islam memuliakan seorang wanita.

Maka diwajibkan kepada kaum wanita untuk menutup auratnya sehinnga seorang laki-laki enggan untuk menggoda kalian.

Dalam sebuah Hadist dijelaskan : Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.( Q.S. Al A’raaf : 26) 

 Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang (Q.S. Al Ahzab : 59)

اسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ ، فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ ، وَإِنَّ أَعْوَجَ شَىْءٍ فِى الضِّلَعِ أَعْلاَهُ ، فَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ ، وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ ، فَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ

“Berbuat baiklah pada para wanita. Karena wanita diciptakan dari tulang rusuk. Yang namanya tulang rusuk, bagian atasnya itu bengkok. Jika engkau mencoba untuk meluruskannya (dengan kasar), engkau akan mematahkannya. Jika engkau membiarkannya, tetap saja tulang tersebut bengkok. Berbuat baiklah pada para wanita.” (HR. Bukhari no. 3331 dan Muslim no. 1468).

وَلاَ تَضْرِبِ الْوَجْهَ وَلاَ تُقَبِّحْ وَلاَ تَهْجُرْ إِلاَّ فِى الْبَيْتِ

“Dan janganlah engkau memukul istrimu di wajahnya, dan jangan pula menjelek-jelekkannya serta jangan melakukan hajr (mendiamkan istri) selain di rumah” (HR. Abu Daud no. 2142. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).

Ada beberapa hadist lain yang saya ambil dari berbagai sumber.Mari kita sedikit merenung tentang keistimewaan perempuan yang kadang-kadang kita lupakan:
  1. Doa wanita itu lebih makbul daripada lelaki kerana sifat penyayang yang lebih kuat daripada lelaki. Ketika ditanya kepada Rasulullah SAW akan hal tersebut, jawab baginda , ” Ibu lebih penyayang daripada bapa dan doa orang yang penyayang tidak akan sia-sia.”
  2. Wanita yang solehah (baik) itu lebih baik daripada 1000 lelaki yang soleh.
  3. Barangsiapa yang menggembirakan anak perempuannya, darjatnya seumpama orang yang sentiasa menangis kerana takutkan Allah .Dan orang yang takutkan Allah SWT akan diharamkan api neraka ke atas tubuhnya.
  4. Wanita yang tinggal bersama anak-anaknya akan tinggal bersama aku (Rasulullah SAW) di dalam syurga.
  5. Barangsiapa membawa hadiah (barang makanan dari pasar ke rumah lalu diberikan kepada keluarganya) maka pahalanya seperti melakukan amalan bersedekah.Hendaklah mendahulukan anak perempuan daripada anak lelaki. Maka barangsiapa yang menyukakan anak perempuan seolah-olah dia memerdekakan anak Nabi Ismail.
  6. Wanita yang taat berkhidmat kepada suaminya akan tertutuplah pintu-pintu neraka dan terbuka pintu-pintu syurga. Masuklah dari mana-mana pun pintu yang dia kehendaki dengan tidak dihisab.
  7. Wanita yang taat pada suaminya, maka semua ikan-ikan di laut, burung di udara, malaikat di langit, matahari dan bulan semua beristighfar baginya selama mana dia taat kepada suaminya serta menjaga solat dan puasanya.
  8. Aisyah r.a berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah, siapakah yang lebih besar haknya terhadap wanita?” Jawab Rasulullah SAW “Suaminya.” ” Siapa pula berhak terhadap lelaki?” Jawab Rasulullah SAW, “Ibunya.”
  9. Perempuan apabila sembahyang lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, memelihara kehormatannya serta kepada suaminya, masuklah dia dari pintu syurga mana sahaja yang dikehendaki.
  10. Tiap perempuan yang menolong suaminya dalam urusan agama, maka Allah SWT memasukkan dia ke dalam syurga terlebih dahulu daripada suaminya (10,000 tahun).
  11. Apabila seseorang perempuan mengandung janin dalam rahimnya,maka beristighfarlah para malaikat untuknya. Allah SWT mencatatkan baginya setiap hari dengan 1,000 kebajikan dan menghapuskan darinya 1,000 kejahatan.
  12. Apabila seseorang perempuan mulai sakit hendak bersalin, maka Allah SWT mencatatkan baginya pahala orang yang berjihad pada jalan Allah.
  13. pabila seseorang perempuan melahirkan anak, keluarlah dia dari dosa-dosa seperti keadaan ibunya melahirkannya.
  14. Apabila telah lahir anak lalu disusui, maka bagi ibu itu setiap satu tegukan daripada susunya diberi satu kebajikan.
  15. Apabila semalaman seorang ibu tidak tidur dan memelihara anaknya yang sakit, maka Allah SWT memberinya pahala seperti memerdekakan 70 orang hamba dengan ikhlas untuk membela agama Allah SWT.

Itulah kemulian seorang wanita, semoga Artikel ini dijadikan sebuah pelajaran bagi kita baik laki-laki maupun wanita. Semoga kita lebih bisa menghargai, menyayangi seorang wanita, dan taat kepada suami kita.

23 komentar

Memang sangat memprihatinkan sekalai mbak melihat fenomena saat ini yang terjadi pada kaum perempuan.

Apa laki-laki yang melakukan kekerasan pada wanita itu, dirumah ndak punya anak perempuan, istri dan juga Ibu, sehingga mereka begitu teganya pada wanita.

Syurga ada dibawah telapak kaki Ibu, mudah-mudahan para lelaki bejat ingat akan hal itu.

semoga semua dalam lindungan Allah SWT

Subhanallah, banyak sekali keutamaan wanita

semoga Allah selalu mengangkat semua derajat kaum wanita ya. Amin...

Subhanallah ternyata seorang istri itu sangat sangat perlu diperlakukan seperti itu ya, okeh insaallah saya akan coba untuk memperlakukannya sebagaimana yang dianjurkan.

Subhanallah. Smg kita (saya terutama) yang seorang wanita pandai bersyukur dg keutamaan yg diberikan oleh Allah.

amin... semoga bisa memperlakukan wanita "istri" dengan baik ya mas

amin... semoga kita menjadi manusia yg selalu bersyukur ya mbk..

Islam sangat memuliakan wanita namun terkadang wanita itu sendiri yang menghinakannya dengan melanggar syariat yang telah ditetapkan untuk wanita

Benar mba kita semua di lahirkan dari seorang ibu dan pada dasarnya ibu kita pasti wanita. Maka dari itu saya setuju untuk tidak menyakiti wanita apalagi sampai seperti yang mba katakan yaitu pelecehan dan pemerkosaan. Namun untuk wanita itu sendiri harus menutup aurat jangan memancing hasrat laki-laki untuk menggoda dan memperkosa. karena busana itu mencerminkan kepribadian maka gunakanlah pakaian yang sopan dan tertutup

bener ntu mas.. manusianya yang perlu dipupuk pengetahuan akhlak dan moral.

saya setuju mas.. wanita perlu memakai busana yang layak menutup auratnya sehingga laki0laki enggan untuk menggoda apalgi menyentuhnya. Maka dari itu kita perlu memperkenalkan agama, pengetahuna miral terhadap anak-anak kita sejak dini.

Terharu saya bun..
miris klo ngeliat fenomena saat ini kan. sungguh byk sekali kkejaman dan tindakan bejat kpd wanita. Naudzubillah :(

Kita lahir dari rahim seorang wanita..... :D

Benar mba mendidik anak sejak dini itu sangat penting dan menjadi modal utama. tapi untuk saat ini saya belum mempunyai seorang anak mba karena blm menikah :)

hehehe.... buruan mas menikah. kan menikah itu ibadah sunnah rosul mas.. :-D

iyya bener mbk.. saya sangat marah kalau dengar berita seperti itu mbk. semoga kita semua terhindar dari hal-hal buruk ya mbk

Bintang Terang itulah Dirimu
Janganlah redup dan layu...

Penggalan lirik lagu "Karena wanita Ingin Dimengerti" dari Ada Band...

Woman is awesome...

Itu band favorid keluarga saya bun :D

Itulah kenapa saya cinta banget sama pacar saya, karena dia seorang wanita XD wkwkwkwk

hahahaha.... bisa juga :)

Ketentuan berkomentar di Resep Sinta
- Berkomentar sesuai postingan
- Menjunjung tinggi sopan santun
- Tidak menyertakan link
EmoticonEmoticon