Mengenal Sholat Sunnah Isyraq Sama Dengan Pahala Haji Dan Umroh

Assalamu'alaikum... Jumpa lagi bersama Sinta kali ini..hehe
Sahabat Sinta sekalian kali ini saya akan membahas tentang ibadah lagi nih. Kali ini gak kalah hebatnya sobat.

Sekarang ini musimnya banyak sekali masyarakat yang menunaikan ibadah haji ataupun umroh. Ya hanya saja saya belum bisa menunaikan ibadah yang satu ini. Semoga bagi sahabat Sinta sekalian yang belum menunaikan ibadah haji terlaksana ya sobat.

Sedikit diantara kita yang mengetahui ibadah atau sholat sunnah yang satu ini, padahal pahalanya sangat luar biasa, yaitu seperti halnya kita melaksanakan ibadah haji atau umroh.


Shalat Isyraq adalah shalat sunnah dua raka’at yang dikerjakan setelah matahari terbit sekitar satu tombak, atau kira-kira lima belas menit setelah matahari terbit. Shalat ini memiliki nilai keistimewaan tersendiri jika pra syaratnya dipenuhi yaitu shalat shubuh berjamaa’h yang diteruskan dengan berdzikir hingga menjelang waktu syuruq (matahari terbit).

Keutamaan Shalat IsyroqDari Abu Umamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى صَلاةَ الصُّبْحِ فِي مَسْجِدِ جَمَاعَةٍ يَثْبُتُ فِيهِ حَتَّى يُصَلِّيَ سُبْحَةَ الضُّحَى، كَانَ كَأَجْرِ حَاجٍّ، أَوْ مُعْتَمِرٍ تَامًّا حَجَّتُهُ وَعُمْرَتُهُ

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat shubuh dengan berjama’ah di masjid, lalu dia tetap berdiam di masjid sampai melaksanakan shalat sunnah Dhuha, maka ia seperti mendapat pahala orang yang berhaji atau berumroh secara sempurna.”3

Dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

« مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ ». قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ »

“Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.”4

Cara Melaksanakan dan Nian Sholat Isyroq
Ada dua tahapan yang perlu dilakukan agar kita dapat meraih derajat pahala berdasarkan hadits tersebut diatas, antara lain :
  • Shalat subuh secara berjamaah.
  • Duduk berdzikir hingga masuk waktu shalat isyraq
Niat Shalat Isyraq
أُصَلِّي سُنَّةَ الإشراق رَكْعَتَيْن لِلَّهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal isyraqi rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya : "Aku niat shalat sunnah isyraq dua rakaat karena Allah".

1. Roka'at pertama: Membaca Surat Al Fatihah dan Ad-Dhuha
2. Roka'at kedua : Membaca Surat Al Fatihah dan Alam Nasyrakh

Keutamaan mmengerjakan shalat isyroq dua raka’at ini adalah mendapatkan pahala haji dan umroh. Perlu diketahui, Akan tetapi shalat ini tidak bisa menggantikan ibadah haji dan umroh, namun hanya sama dalam pahala dan balasan saja.

Semoga Artikel ini bermanfaat bagi sahabat Sinta sekalian dalam meningkatkat ibadah kepada Allah SWT. Semoga Allah menolong kita menghidupkan sholat sunnah yang mulia ini.
Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna.

Tiada kesempurnaan kecuali milik ALLAH SWT.

4 komentar

Wah, luar biasa pahalanya

semoga kita sama2 bisa mengamalkannya ya mbk

Shalat Isyraq itu beda dengan shalat Dhuha, ya, Mbak?
Soalnya hadits pertama riwayat Abu Umamah itu menyebut Shalat Dhuha, bukan shalat Isyraq. Apa mungkin hakikat keduanya itu sama, cuma beda sebutannya? Atau, memang keduanya beda?

benar mas, Sholat dhuha n israq ntu berbeda..

Ketentuan berkomentar di Resep Sinta
- Berkomentar sesuai postingan
- Menjunjung tinggi sopan santun
- Tidak menyertakan link
EmoticonEmoticon