Jangan Khawatir ASI Akan Habis

Terkadang orang tua khawatir akan produksi ASI yang kurang, baik bagi para bunda yang baru menyusui dan bahkan pada bunda yang sudah 1 tahun lebih menyusui.

Sedikit cerita pasca saya melahirkan, biasanya nih bun, didaerah rumah saya bagi para ibu-ibu yang baru melahirkan dan yang menyusui disarankan untuk mengkonsumsi jamu tradisional, entah lah apa macam-macam nama jamu itu untuk memperlancar dan memperbanyak ASI. :-)
Berhubung pada saat itu saya melahirkan dalam keadaan SC "Operasi", saya tidak berani mengkonsumsi jamu tradisional tersebut karena rasanya yang pahit, saya khawatir berdampak pada bekas jahitan SC saya. Saat itu saya hanya bisa berdo'a kepada Allah dan yakin bahwa saya tidak akan kekurangan produksi ASI.

 
 
Dulu Sempat terfikir dalam benak saya untuk tidak ikut KB selama menyusui, alasannya adalah khawatir produksi ASI berkurang, ternyata itu salah. Saya bermodal YAKIN bahwa ASI tetap banyak dan lancar. Al hasil nih bun, Alhamdulillah baby saya tidak kekurangan ASI.
Tapi bun, kita juga harus menjaga pola makan, serta mengkonsumsi sayur dan buah.

Oya bun,, Payudara yang besar bukanlah sebuah jaminan bahwa produksi ASI-nya banyak, jadi bagi para bunda yang memiliki payudara yang kecil saat menyusui tidak perlu khawatir ya bun.

Banyaknya produksi ASI itu bukan begantung pada payudara yang besar atau kecil.

Dari mengalam pribadi nih bun, saya kasih tahu resepnya ya agar ASI tetep lancar dan baby tidak kekurangan ASI meski kita ikut KB dan tidak minum jamu. Jadi cara ini pas buat para bunda yang tidak suka minum jamu :-)

  1. Minum Air Putih yang banyak setiap hari, sekitar 9-10 gelas/hari.
  2. Konsumsi Buah dan Sayur yang dapat membantu perbanyak ASI.
  3. Berikan Bayi Anda ASI sesering mungkin. Dengan cara memberi ASI sesering mungkin setiap hari kepada bayi kita bukan berarti akan membuat ASI kita berkurang, bahkan sebaliknya akan memperbanyak ASI kita.
  4. Mengkonsumsi kacang-kacangan. Biasanya saya menggunakan kacang tanah yang disangrai dan menjadikan camilan dirumah :-)
  5. Berikan ASI dari 2 payudara secara bergantian.
  6. Istirahat yang cukup.
  7. Hindari Stres.
  8. Pijat lembut Payudara.
 
 
Nah itu lah bun Tips agar ASI tetap banyak dan lancar, Meskipun para bunda akan menyusui bayi bunda selama usia 2 tahun. Jadi saya sarankan untuk para bunda tidak perlu khawatir ASI akan habis ya bun. Semoga Arikel ini bermanfaat untuk para Bunda.

7 komentar

Saya jadi malu nih baca artikel buat para bunda ini :) gak sengaja lihat pijat payudaranya pula.. oh no...!!!

Ipar saya mengalami kekhawatiran ini justru di saat bayinya masih merah. Yang suka adalah menghindari stress. Karena konfilknya bisa dari dua sisi, si ibu sudah berusaha tapi dari luar terus menstimulasi stress ini, berat juga kalau sudah begini

hehehe...........tidak perlu malu mas, karena ini bisa diterapkan kepada istri mas nanti.. siapa tahu istri mas tidak mengetahuinya... :-)

suami dan sanak keluarga justru harus membuat yakin bahwa tidak akan kekurangan ASi

Ohehe gtu ya ? maklum belum punya istri :) baiklah kalau begitu terimakasih sudah memberikan ilmu tentang ASI dan cara memijatnya, mungkin suatu saat akan saya rekomendasikan :)

hehee,,,,,sama2 mas Fendi :)

izin share ya admin :)
buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
ayuk... daftar, main dan menangkan
Line : agen365
WA : +855 87781483 :)
Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)

Ketentuan berkomentar di Resep Sinta
- Berkomentar sesuai postingan
- Menjunjung tinggi sopan santun
- Tidak menyertakan link
EmoticonEmoticon